Cerita dibalik #Waisaktrip 2013 kemarin

23.59 0 Comments

Jadi ceritanya 3 minggu yang lalu secara ngga sengaja saya baca tweet dari salah satu akun yang saya follow tentang #Waisaktrip ini. Karena penasaran saya coba cari tahu dan kemudian berakhir dengan penjelasan dari mbah Google yang cukup membuat saya tergerak untuk datang. Yes, di acara keagamaan umat Buddha ini, salah satunya akan ada pelepasan 1000 lampion seperti yang ada disalah satu scene film Arisan.

Setelah puas googling sana-sini, tekad saya tetap bulat untuk datang dan menyaksikan semuanya sendiri. Lalu mulailah saya posting di twitter untuk cari tebengan ke Jogja melalui salah satu akun yang mewadahi siapapun yang mau #Caritebengan atau #Beritebengan khusus #Waisaktrip. Dan ternyata ada salah satu teman dikantor lama mau ikutan. Well oke, berarti nambah jadi 2seat.

Ternyata hasilnya ngga nihil juga, dalam kurun waktu 2minggu, ada beberapa yang merespon, termasuk yang mau memberikan tebengan dari Serang, Kelapa Gading, dan terakhir itu geng cewe yang pada akhirnya saya cancel karena dapet kabar mesti ngurusuin urusan kantor pada hari yang sama. Karena udah tahu ngga bisa jalan, perjuangan saya hentikan. Sampai akhirnya saya dapet kabar untuk urusan kantor bisa dihandle teman team yang lain.

Well..oke..mari berburu kembali. Setiap hari saya selalu search di twitter dengan menggunakan hastag #Waisaktrip. Sampai H-4 masih belum dapet juga, saya mulai nyerah, begitu juga temen saya yang satunya. Lalu kemudian menguaplah rencana #Waisaktrip itu.

Sampai akhirnya saya dapet tebengan dari temennya temen yang ternyata mau ngasih tebengan untuk 2 seat. Yeay akhirnya kita berangkat. Fyi kita baru dapet pas hari Jumat siang (H-1) itupun kondisinya saya lagi ngga ngantor karena sakit & Mira lagi dikantor sibuk dengan kerjaan. Jumat siang menuju malam repot saling info sana-sini, izin dari Denot sebetulnya belum saya dapatkan, karena selain saya lagi sakit, menurut dia waktunya terlalu mepet, jadi ya cuma cape dijalan. Tapi pada akhirnya saya tetep jalan, dan sempet-sempetin beli roll film untuk kamera lomo.

Disinilah drama sampe pulang ke Jakarta itu terjadi. Pertama kita dapet tebengan team travel yang salah, orang yang dikasih emban untuk bawa mobil, ternyata asal-asalan. Saya sampe pusing dan mual karena bawanya persis kaya bawa kambing. Temen saya sampe benjol kejedot tivi yang ditaro dijok belakang untuk dibawa pulang kekampungnya di Kebumen. Kedua, ternyata orang-orang yang ada didalam mobil ini (selain saya dan teman) adalah tipikal yang nurut-nurut aja. Udah dibawa muter-muter ngga karuan, sok tau pula orangnya. Dan yang paling konyol pas kita mau berangkat ke Borobudur, kalo lewat jalur biasa lama perjalanan cukup 1 1/2 jam atau 2 jam lah paling lama, ini tiba-tiba si orang itu mutusin untuk cari jalur sendiri tanpa bilang ke siapapun. Alhasil udah 3 jam perjalanan saya sama Mira (temen saya) cuma bisa nggerutu dibelakang sambil sesekali nanya "ini kita mau ke borobudur kan yah? *sambil masang muka panik*" jawabannya cuma iya tapi ngga nyampe-nyampe, sementara menurut informasi gerbang akan ditutup di jam 2 siang. Nah loh.

Ternyata bener pas sampe gerbang udah ditutup untuk umum, tapi karena masih penasaran saya coba nanya-nanya ke beberapa pihak keamanan masih bisa masuk atau ngga. Ternyata bisa, tapi gerbangnya jauh. Begitu sampe rasanya kaya mau pingsan karena ternyata udah rame banget orang mau masuk, apalagi pas tau masih ada beberapa gerbang yang mesti dilewatin kaya gerbang pertama. Oh LORD!
Pas didalem lebih dahsyat lagi dong ternyata, udah penuh berjubel sama orang. Saya sama Mira sengaja bawa payung karena curiga bakal ujan. Well ternyata tebakan saya bener, tapi sayangnya temen-temen yang lain ngga mau modal beli jas ujan. Alhasil saya pinjemin payung saya, dan berbagi payung dengan Mira. Sampe akhirnya saya nyerah, hujan makin deras baju saya udah basah semua, sementara acara baru dimulai.

Oke akhirnya kita semua memutuskan untuk kembali ke hotel. Sesampainya dihotel saya buka-buka twitter dan ternyata banyak informasi negatif tentang turis-turis lokal yang merusak jalannya acara karena ngga punya attitude sama sekali.Yah saya jadi ikutan sedih nih bacanya, bayangin aja seorang budhis diminta oleh salah satu turis untuk foto bareng seperti layaknya cosplay :((

Sedih dan kecewa karena gagal lihat 1000 lampion, saya sama Mira berusaha mengobati dengan memutuskan untuk mandi terus cari makan yang enak-enak, yah biar ngga kecewa-kecewa amatlah diganti sama kulineran (padahal nasi kucing di Jakarta juga banyak :P)
Sambil makan kita ngerencain buat besok. Perjanjiannya adalah cari oleh-oleh pas pagi hari terus cek-out jam 12, diterusin makan ini itu sampe pukul 2 siang.

Nah abis ini ada drama lagi nih, ampun deh jalan-jalan kebanyakan drama hahahahaha.

Pas pagi saya bangun agak pagian, sengaja mau jalan-jalan sendiri sekalian beli batre buat kamera lomo colorsplash saya + mau foto-foto. Ngga tahu sejak kapan kebiasaan ini ada, keluar sendiri di pagi buta untuk lihat yang bisa dilihat hehehe. 2jam kemudian saya balik ke hotel. Mira udah mandi dan siap untuk pergi. Ternyata cek kamar sebelah cewe-cewenya belum rapih, yaudahlah kita memutuskan untuk jalan duluan terus nanti janjian. Setelah 2 jam jalan kesana-kemari sama Mira, cewe-cewe ini baru ngabarin mereka udah siap *gilee lama aje siap-siapnye hahahahaha*. Oke langsung saya kasih arahan ketemu di samping pasar Beringharjo. Begitu ketemu ada yang aneh, dua cewe ini bilang mereka langsung cek-out karena dikiranya saya sama Mira udah duluan. Walah mutusin apa-apa ko seenaknya ya. 

Well oke..begitu selesai makan, kita langsung masuk ke pasar untuk bela-beli. Nah ada hal aneh lainnya nih dari  dua temen baru ini, bukannya misah dan nyari oleh-olehnya biar cepet, mereka malah asik ngintilin kita, sementara kitamah ngga ada rencana beli apa-apa, wong isine sama kaya thamrin city di Jakarta :P

Terus dengan ngga sabaran akhirnya saya nanya " Eh lo pada mau beli apa? ngga langsung nyari?" yang satu nyeletuk dengan nyebutin kriteria barang yang dia cari sambil nyuruh saya untuk milihin. Walaah ribet yes ngga tau apa yang dimau hahahahahaha. Dengan alasan mau cek-out, saya sama Mira milih untuk ninggalin mereka di pasar Beringharjo, abis kayanya ribet banget :P

Saya sama Mira sempet ke Mirota, terus tiba-tiba semuanya seru sendiri lihat pernak-pernik disitu. Begitu lihat jam saya ngajak Mira untuk kehotel, tapi akhirnya kita misah, karena tiba-tiba Mira diajak janjian sama temennya sebentar. Nah karena mau memanfaatkan waktu yang sebetulnya udah ngga bisa (baca: udah masuk jam cek-out) saya berusaha jalan setengah lari biar maksudnya sampe hotel bisa nebeng mandi sebentar. Jogja hwoot ya nek! :P

Begitu sampe lobby hotel, saya ketemu sama resepsionis hotel yang ngeselin abis (oh iya saya skip cerita part ini, intinya sih ini orang attitudenya sebagai pegawai hotel ngga banget, judes ketus plus jelek lagi mukanya hahahaha). Karena mau nebeng mandi, saya ngomong sesopan-sopannya dong, terus tiba-tiba dibales sama suara ketus ngga ngebolehin saya naik karena katanya saya sudah cek-out. Terus saya bengong dong, lah wong kunci kamar hotelnya masih disaya, ko bisa-bisanya dibilang cek-out. Si mbaknya nerusin omongannya, katanya dua temen cewe yang baru itu udah ngomong kita cek-out. Doh! beneran nih nemu temen travel yang unik bin aneh. Karena udah emosi ngga bisa nebeng mandi, saya tanya dong barang-barang saya dimana, logikanya kalo udah cek-out tuh barang udah dibawa paksa keluar & ditaro di lobby. Nah si mbak jelek ini dengan nada tinggi bilang ngga tau :(

Dengan segala sisa energi yang sebenernya mau saya simpen untuk perjalanan pulang, ngamuklah saya di lobby hotel, ya pokonya si mbak hotel kena damprat lah. Gimana ngga senewen, itu barang kalo ada diatas dengan kondisi pintu terbuka terus ada yang ngambil gimana? Dengan emosi jiwa saya keatas dan menemukan kamar hotel dalam kondisi terbuka. Untung barangnya masih utuh huhuhu.

Terus saya kebawah untuk ke lobby hotel dengan muka yang udah murka berat. Belum sampe disisa tangga terakhir, itu mbak resepsionis kampret tau-tau udah teriak-teriak bilang sumpah kalo temen saya yang cewe-cewe bodoh itu beneran udah bilang cek-out. Tadinya saya mau keluar dari hotel dengan perasaan senang karena abis liburan, boro-boro senang, begitu dia ngomong kasar saya tanggepin dengan melempar kunci kamar dan bilang saya bayar jadi yang sopan ya jadi orang, sambil berlalu keluar.


Dan terakhir ditambah dengan lama dijalan 17 jam menuju Jakarta. Saya sama Mira dikejar miting pagi, sementara pukul 8 pagi masih kejebak macet ditol. Beruntung saya bisa izin, tapi Mira langsung masuk kantor. Segalanya terasa buru-buru, harus cepet, kilat kaya guntur. Duh beneran deh cape banget. 

Terus begitu sampe Cawang nganterin Mira naek ojek buat ke Slipi, saya duduk sebentar di tukang bubur langganan sambil ngelurusin kaki & bengang-bengong mikirin perjalanan absurd ini.

Well ini sih sebenernya banyak sign-nya dari awal, cuma sayanya aja ndablek jadinya begini. Cape doang hasilnya hahahahaha.

Eh iya, foto-foto menyusul ya. Kebetulan saya cuma bawa lomo colorsplash aja, jadi mesti ngeluangin waktu untuk cuci + scan. Tapi ini ada foto dari kamera temen. Dan disini kebetulan kita ngga satu frame sama dua cewe aneh, kebetulan yang menyenangkan hahahahahaha. Ngga lagi-lagi deh ah ketemu tuh cewe-cewe :P





Redshoes

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard. Google

0 komentar: