[Roadtrip Jawa Tengah] Edisi Kulineran di Semarang 2020

14.24 0 Comments

Jadi saat long weekend Agustus & Oktober kemarin, gue sama Denot memutuskan untuk Roadtrip Jawa Tengah, selain karena masih suasana pandemik, pilihan roadtrip kayanya lebih safety ketimbang naik pesawat, bisa lebih meminimalisir berinteraksi dengan banyak orang. 

Dan rute roadtrip yang kami pilih untuk singgah yaitu Semarang, Magelang, Yogyakarta dan Cirebon, sempet mampir Ambarawa tapi cuma sebentar, sedangkan roadtrip kedua, kami memilih Semarang, Jepara, Pekalongan. Semua kota pasti ada suasana dan kehangatannya masing-masing, dan untuk kali ini gue akan lebih fokus bahas Semarang. Yuk kita mulai. 

Kali pertama ke Semarang itu saat 2017, temen kantor nikah terus resepsinya diadain di Semarang. Kalo bahas pengalaman pertama ke Semarang, jawabannya nggak terlalu berkesan, karena Denot sakit, jadi kebanyakan ngabisin waktu di kamar hotel. Nah pas roadtrip kemaren baru saya ngeh, ternyata Semarang kotanya cukup menyenangkan, kontur jalanan & suasananya ko ada yang kaya Bandung ya, kelok-kelok terus tanjakan turunan, banyak kafe lucu & kedai kopi gemes serta makan malem yang nggak kalah nikmat biarpun di pinggir jalan. Oke kalo gitu mari kita mulai dengan review kuliner di Semarang: 

Pakne Heksa
Warung tenda pinggir jalan yang wajiiib dikunjungi, seriusan ini wajib, gue tiap ke Semarang pasti mampir, rasa sambelnya mantap, bisa pilih sedang sama pedas, udangnya super juicy & ukurannya gede-gede, kalo misal nggak makan seafood mereka sedia ayam & bebek, harganya pun ramah dikantong alias murah meriah enaaak. Mereka punya cabang kayanya ya, tapi tempat yang gue sambangi ini ada di Jalan Sidorejo Pojok MT Haryono. 

Tenda pinggir jalan sederhana ala Pakne Heksa

Kenikmatan kol goreng & sambal terasi ala pakne heksa


Karuna Resto. 
Seperti biasa Denot setiap mampir disebuah kota pasti langsung cari vegetarian resto, dan ini salah satunya. Karuna Resto ini lokasinya ada di daerah Depok, Semarang. Tempatnya cukup mudah untuk ditemukan, bisa minta tolong google map ya hihihi. Jenis makanan di Karuna Resto ini seperti makanan ala chinese food, untuk segi rasa menurut gue cukup enak, jarang-jarang nemu vegetarian food tapi kaya akan rasa, biasanya nggak terlalu berani bumbu. Jadi buat vegetarian hunter, ini wajib coba!

Cobain Rendang ala vegetarian, bahannya dari Sapo Tahu 


Prasmanan ala Karuna Resto



Djajanti Kopi & Kitchen
Ngopi disini karena nggak sengaja sih sebenernya, gue sama denot pesen hotel dari apps salah satu OTA, pas sampe lokasi ternyata ada kedai kopinya, nyambung jadi satu sama area hotel. Menu yang kita cobain Kopi susunya aja, buat pecinta kopi creamy wajib cobain sih ini, kopi susu gula aren & kopi susu pandannya enak. dekorasinya instagramable banget, adem karena banyak taneman. Lokasi di Jl. Semeru Raya No.4B, Karangrejo, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang.


                                                               


                   
                                                                                                      
Bubur ayam Pak Brewok
Di Semarang itu ada beberapa pilihan bubur ayam, tapi kemaren 
kita memutuskan untuk nyobain bubur ayam pak brewok. Buburnya enak, gurih, dimakan langsung tanpa bumbu pun udah kaya rasa, buat pendamping ada banyak jenis sate, telor puyuh, usus, ati ampela, tapi yang kurang hanya satu, sambelnya kurang pedes hahaha, maklum kami berdua penggila cengek jadi makan apa-apa kudu pedes pemirsa.

Seporsi Bubur Ayam Pak Brewok
































Loenpia Gang Lombok
. Inimah sejuta umat juga udah tau ya, ciri khasnya oleh-oleh Semarang ya si loenpia ini. Sayangnya saat kemarin mampir, nggak jadi makan ditempat karena rame huhuhu, maklum masih pandemik, jadi sebisa mungkin tetap hindari kerumunan orang ya geng. 


Kalo kalian punya cukup waktu saat di Semarang, bisa juga mampir ke beberapa restoran yang agak sedikit jauh dari area perkotaan. Semua lokasi rata-rata bisa ditempuh setengah sampai satu jam dari tengah kota Semarang, mau coba? yuk cek listnya:  

Lakers Resto. Lokasi ada di jalan RM Hadi Soebeno, butuh waktu sekitar 35-40 menit untuk sampai ke lokasi. Untuk menu cukup lengkap karena ada menu lokal & international ala western. 



Photo via Laker's Resto


Joglo Agung. Lokasi ada di jl. Lemah Abang km 3.6, Bandungan, Semarang. Perjalanan bisa hampir sejam untuk menuju lokasi. Restoran ini punya menu andelan berbagai jenis masakan dari daging iga, terus mereka juga punya spot outdoor yang cukup cantik buat foto-foto. 

Photo via eatandjournal

Photo via eatandjournal

Photo via eatandjournal


Kampung Laut Semarang.
Kalo yang ini lokasinya ada di Puri Maerokoco, Jl. Puri Anjasmoro Raya, nggak terlalu jauh dari semarang kota, bisa ditempuh 20menit aja. Konsep restorannya rumah apung & jenis makanan yang ditawarkan udah pasti seafood, karena lokasinya yang dekat sama laut. 

Photo via Fotowoz 

Photo via Fotowoz

Photo via henny henuks

Okee segitu aja dulu yang bisa gue share, semongga bermanfaat buat teman-teman yang mau roadtrp & eksplore kuliner Semarang. Next post gue akan bahas hotel saat roadtrip jawa kemarin, penasaran? cek terus yes update postingannya 😉

Redshoes

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard. Google

0 komentar: