Serba-serbi Jastip

Di postingan ini akan berbagi informasi tentang dunia perjastipan. Jadi apa sih sebenernya jastip itu? jastip itu sebagai salah satu pilihan cara berbelanja, kita cukup info barang apa yang mau dibeli, nanti akan ada seseorang yang membelanjakan, nah dari proses membeli tersebut, ada fee yang dibayarkan oleh customer kepada orang yang membelanjakan titipannya, ya begitulah kura-kura penjelasannya hihihi. 


Belakangan bisnis ini terlihat cukup menjanjikan, dan ternyata setelah menjalani beberapa kali sebagai mbak jastiper, betul memang menjanjikan, tapi banyak hal yang perlu di ketahui sebelum terjun langsung untuk belanja. 


Nyoba jastip pertama kalinya saat ke Bangkok 2 tahun lalu, pergi sama ponakan dan suami, ini sebenernya mah ke Bangkok sudah beberapa kali, hanya baru kali ini bisa membujuk suami untuk sekalian jastip hihihi. Dan ternyata jastip tuh repot luar biasa yaaa, banyak hal-hal baru yang saya rasain, kejar-kejaran waktu, barang yang susah didapet, belum lagi soal customer yang slowrespon saat nyocokin orderan, dan tentu aja yang terakhir adalah packing. Ini awalnya kita mikir jastipnya nggak akan banyak, tau-tau kudu beli tas belanja sampe 2 dong hahaha, berikut penampakan tas yang kita beli di bangkok untuk bawa belanjaan jastip.



Belanja Tas Dadakan 


Ponakan & Suami 

Jadi mbak/mas, sebelum memutuskan untuk nyoba ikutan jadi jastiper, mungkin bisa baca hal-hal berikut untuk menambah wawasan nusantara. 
  • Tentukan destinasi yang paling banyak di minati para customer jastip. Kalo Indonesia biasanya kota-kota besar, luar negeri biasanya kalo yang deket-deket dan budgetnya masih tergolong murah bisa ke Malaysia, Singapore, Thailand.

  • Perbanyak info tentang barang-barang apa saja yang banyak diminati. Bisa dimulai dengan membuat kategori, misal makanan, kosmetik (ini harus cek produk yang nggak bikin susah di bea cukai ya), dan fashion (aksesoris, tas, sepatu etc). Terus cek harga di pasaran, biar kita bisa kira-kira mau kasih harga jual berapa. Harga jastip bisa disesuaikan dengan tingkat kesulitan saat pencarian, misal perlu naik transportasi umum, atau muter2 di area belanja sampe pinggang mau copot, ini bisa juga loh hahaha. Intinya tentukan harga yang pantas untuk kelelahan diri ini saat mencari barang pesanan.

  • Siapkan koper, di Bangkok banyak yang jual, mulai dari produk cina sampe yang mahal. Tapi alangkah baiknya sudah disiapkan sebelum berangkat. Nah Saya biasanya bawa 2 koper untuk bagasi, yang size 20 dan 22, yang 20 bisa dimasukin ke koper 22, jadi nggak repot bawanya karena koper isi koper. Kalo mau lebih banyak jastipannya, bisa bawa lebih banyak koper, tinggal disesuaikan aja.  

  • Pilih hotel terdekat dengan tempat belanja jadi bisa ditempuh dengan jalan kaki, lumayan hemat pengeluaran untuk budget transportasi. Bisa bolak-balik juga seandainya tiba-tiba cape. Jenis kamar yang bisa pilih, banyak macemnya, ada yang private buat sendiri, ada juga yang dorm, kamar gabung sama tamu lain, ada yang khusus untuk female, ada juga yang campur, harga murah meriah jadi lebih cuan untuk jastipannya, tapi jangan lupa bawa gembok ya untuk keamanan barang bawaan.

Selain info-info diatas, jangan sampai lupa satu hal penting lainnya, promosikan dagangan sebulan sebelum berangkat, kalo misalkan ragu untuk mencantumkan harga, bisa pake sistem deposit. 

Terus begitu udah sampe lokasi dan siap belanja, enaknya gimana ya? saya biasanya akan prioritaskan list orderan yang sudah ada, baru kemudian hunting untuk postingan baru. Nah saat berburu pesanan, ada baiknya internet dimatikan, untuk menghindari teror customer yang bakalan bikin cape bin pusing, karena itu terjadi sama saya saat disana, begitu lihat dagangan, euforia pengen posting langsung terjadi, alhasil cape bin lelah karena konsentrasi kebagi dua, antara ngelayanin customer sama nyari barang, belum lagi lupa itu posisi tokonya dimana, dan sudah pasti hape jadi cepet low bat, jadi buang-buang waktu untuk ngecharge hape. Bisa juga bikin whats app grup, sifatnya terbuka, siapapun bisa join, jadi setiap ada foto baru bisa langsung di posting. 

Nah, enaknya usaha jastip itu setelah semua orderan sudah bungkus dan pesanan baru sudah lumayan banyak yang masuk, bisa rehat sebentar untuk jalan-jalan, kemaren saat jastip ketiga, saya main di area chaopraya, seru, karena ternyata belum semua area di datengin. 








Lumayan kan kalo liat foto-fotonya, bisa refreshing sebentar setelah geret koper ngejar setoran hahaha. Begitu kelar tinggal packing terus pulang deh, nah ini foto saat di bandara, setelah selesai wrap koper, ini perlu juga dimasukan ke budget, harganya 200 baht/koper. 






Baiklah segitu aja info yang bisa saya share, mungkin yang lagi kepengen banget mulai jastipan, bisa baca-baca dulu supaya ada sedikit gambaran. Sampai ketemu di postingan selanjutnya.  




Redshoes

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard. Google

0 komentar: