Kangen Indonesia - Indonesia di mata orang Jepang (karya Hisanori Kato)

17.13 2 Comments


Sebulan lalu pas saya lagi jalan-jalan ke toko buku Gramedia, ngga sengaja lihat buku Indonesia di mata orang Jepang karya Hisanori Kato. Tadinya mau beli karena tertarik sama sinopsisnya, tapi mengingat masih banyak buku yang belum dibaca, akhirnya saya urungkan niat itu lalu kemudian lupakan.

Yaaaa namanya jodoh emang ngga kemana kali yaa, beberapa hari lalu pas ketemuan sama Deni, tiba-tiba dia mamerin buku yang pengin dibeli waktu lagi dikasir gramedia. Ha! buku Indonesia di mata orang Jepang! *mata langsung berbinar-binar* setelah selesai dibayar, dengan tatapan nyengir kuda, saya bilang saya duluan ya yang baca bukunya hehehe.

Let's start with this: Ternyata ngga semuanya hal buruk itu negatif..

Why?

Karena setelah baca buku ini kesimpulannya adalah, dari negara yang minim sama kedisplinan ini, Hisanori justru bisa melihat dari sebuah perspektif yang bisa dibilang unik dan juga mengundang senyum.  Semua hal yang menurut kita disini serba semrawut & seenaknya, buat dia justru jadi sesuatu yang menyenangkan. Agak heran sih buat saya mengingat dia itu orang Jepang yang budaya disiplinnya tinggi banget, terus bisa ngikutin budaya disini dengan baik (ya walaupun awalnya sempet bingung dan terheran-heran)

Contoh: orang-orang dengan tradisi ngaret, akomodasi angkutan yang selalu telat datang (baca: transjakarta) para pencopet yang kerap kali mencuri barang-barangnya hingga kesekian kali & tradisi buruk lainnya dari orang kita, yang justru pada akhirnya dijadikan sebagai pelajaran positif yang mungkin bisa sedikit saja ditiru orang-orang dinegaranya (dalam hal ini saling mentolerir)

Dan nilai positif lainnya dari buku ini, saya suka kesederhanaan hidup yang dipilih Hisanori ketika dia tinggal di Indonesia. Langka kayanya ekspatriat mau naik-naik angkutan umum seperti kopaja & transjakarta yang kalo di jam penuh isinya kaya ikan pepes cue bandeng dan temen-temennya. 

Penasaran? beli aja bukunya, yaaa at least dari buku ini yang tadinya saya kira orang-orang kita ini ngga ada lebihnya (kecuali perut sama korupsi) ternyata bisa juga meninggalkan nilai positif untuk seorang Hisanori.

Judul: Kangen Indonesia - Indonesia di mata orang Jepang
Penulis: Hisanori Kato
Penerbit: Kompas


 


 *abaikan muka saya, ini mah orangnya lagi pengin narsis aja :P *

Redshoes

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard. Google

2 komentar:

  1. Selamat Siang, kami dari penerbit Buku kompas ingin mengajak teman-teman untuk datang pada acara"Sharing & Book Signing" buku Kangen Indonesia ini. Pada hari Minggu, tanggal 3 Februari 2013, pk. 14.00 di Gramedia Pondok Indah Mall, di Jakarta.

    Pak Hisanori Kato juga akan hadir dan khusus datang ke Jakarta untuk menghadiri acara tersebut.
    Jadi pastikan Anda hadir ya! :)

    Salam,

    Penerbit Buku Kompas

    BalasHapus
  2. Halo Angelia,

    Thanks atas informasinya, mudah-mudahan saya bisa hadir diacara sharing & book signing Pak Hisanori Kato :)

    BalasHapus